Minggu, 04 Mei 2008

blog, cara instant mendapat informasi


Jika dulu sebelum perkembangan teknologi begitu pesat, pengiriman informasi dari suatu tempat yang satu ke tempat lain membutuhkan waktu yang lama, apalagi berbeda belahan dunia. Zaman sudah berubah. Hidup di zaman modern seperti sekarang ini segala sesuatu dapat kita dapatkan dengan mudah, praktis dan cepat. Dulu komunikasi biasa dilakukan secara langsung face to face, sekarang komunikasi bisa dilakukan dalam lingkup virtual. Kemajuan teknologi telah memanjakan kita. Mau ngobrol dengan rekan atau saudara yang bermukim di belahan dunia lain, tinggal angkat telepon atau buka internet. Ingin belanja atau makan di restoran tapi malas keluar, tinggal pesan lewat telepon atau beli lewat situs. Mau transaksi transfer uang, baik lokal maupun internasional, tidak perlu susah-susah tinggal memberi no kartu kredit, semua bisa dilakukan lewat internet.


Melalui internet, segala sesuatu bisa diakses dengan mudah dan cepat. Selain web browsing, e-mail, dan chat, yang disediakan dalam akses internet, juga terdapat blog. Sebagai produk teknologi website gelombang kedua, blog sering disebut dengan Web 2.0, yang memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk menulis buah pikirannya di Internet dan bebas menyebarkannya. Dengan blog seseorang dapat membuat jaringan komunikasi dengan orang lain meskipun berada si benua lain. Interaksi yang terjalin pun seperti layaknya percakapan, dengan memberikan comment atas tulisan blog yang dapat di upgrade.


Sebuah blog dapat memuat sebuah berita atau artikel tertentu untuk dijadikan sebuah ajang diskusi. Seorang blogger dapat menuliskan pemikiran mulai dari yang sederhana seperti curhat, atau pemikiran ilmiah. Masalahnya, seberapa akurat blog itu dibuat oleh para blogger? Bisakah sebuah blog dipercaya begitu saja? Misalnya saja, dalam wikipedia, (mengutip dari mata kuliah saya), bahwa wikipedia belum tentu mengungkapkan kebenaran tentang suatu hal secara pasti. Wikipedia adalah ensiklopedia online yang updating informasinya dapat dilakukan oleh siapa saja. Setiap orang dari penjuru dunia bisa membuat, menambahkan atau menyunting informasi yang ada. Tetapi, tidak dapat diketahui siapa yang melakukan updating itu dan akurasi dari informasi tersebut. kalau ada data yang dikutip sebagai sumber berita, bisa saja ternyata telah berubah karena telah disunting ulang berkali-kali. Akibatnya, ketika orang ingin melacak ke sumbernya, yaitu data di Wikipedia, ternyata informasi yang ingin dicari telah tak ada.


Blog menurut saya merupakan bagian dari budaya instant. Penilaian sebagai ajang penulisan artikel dan informasi yang selalu diupgrade dengan keluasan dan kecepatan tak terbatas, blog membuat orang untuk mempermudah mengutip sebuah tulisan orang lain dalam blog. Orang bisa mengaksesnya dengan cepat. Sayangnya, dengan kebebasan yang ada pada blogger untuk menentukan arah tulisannya, seringkali orang yang mengutip tulisan dari para blogger ini tidak berorientasi pada hasil, inginnya mendapatkan sesuatu dengan mudah enggan bersusah payah. Bermutu atau tidak, itu urusan nanti. Proses tidak penting. Itulah apa yang terjadi ketika seseorang begitu saja mengutip dari tulisan yang belum tentu ada kebenaran referensi, seperti apa yang terjadi dalam wikipedia.


Nur Rohmah H P (20995)

cappela_vega@yahoo.com

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya setuju. Memang dunia cyber memiliki keunggulan di dalam percepatan informasi. Berbicara mengenai percepatan info & instan, wow..hal yg sangat menarik! Mgkn anda bisa menambah info mengenai hal ini?

Ngomong2, menurut saya keakuratan berita di dalam blog dapat dipertanggungjawabkan dalam batas2 tertentu. Sbg contoh, jika kita memberi tulisan di blog ato wikipedia & ternyata kurang tepat, user lain akan mengoreksinya.

Jadi, informasi dikontrol oleh publik