Jumat, 18 April 2008

Blogger dan Pencitraan


Blog ( web log ) secara sederhana didefinisikan sebagai kumpulan pemikiran, gagasan atau catatan harian blogger yang ditampilkan di dunia maya. Blog merupakan salah satu wujud nyata dunia posrealitas yaitu sebuah dunia dimana batas – batas antara realitas dan ilusi telah didekonstruksi. Melalui blog, seorang blogger dapat mengungkapkan gagasannya tanpa terikat pada real identity. Ia juga dapat mengkonstruksikan pandangan umum mengenai citra dirinya melalui wacana – wacana yang telah ia pilah sedemikian rupa.


Kita dapat membentuk dan memahami identitas diri melalui wacana. Wacana adalah layar dimana kita diimajinasikan dan direpresentasikan kepada diri sendiri ( Sugiharto dalam Adlin (ed) : 2006) dan tiap – tiap bentuk representasi hanya mewakili aspek – aspek tertentu dari realitas eksistensial kita. Selebriti blog merupakan blogger yang piawai dalam merepresentasikan dirinya secara pop. Ia memiliki kapabilitas untuk membuat orang lain lebih mempercayai pencitraan dibandingkan eksistensi dirinya. Wacana yang direpresentasikan para selebriti blog telah mendistorsi relasi citra dan realitas. Bahkan tidak berlebihan jika selebriti blog dianggap sebagai resistensi, yaitu penciptaan selebriti/idola yang ‘sempurna’ di dunia maya.


Menurut asumsi umum, mayoritas selebriti ialah mereka yang memiliki kelebihan dalam penampilan fisik atau entertainment. Selebriti blog telah berhasil mendobrak asumsi umum dan memperoleh kepopuleran dengan menciptakan citra dan mereduksinya sebagai realitas dan kebenaran yang direkonstruksi. Selebriti blog bukan mereka yang secara umum memiliki kelebihan fisik namun lebih dari itu, mereka adalah orang - orang yang piawai dalam mengolah networking. Besarnya pengaruh selebriti blog terhadap kepopuleran blog milik blogger lain merupakan salah satu realitas yang umum ditemui di dunia blog. Para blogger akan merasa ‘terhormat’ dan terbantu dalam mempromosikan blog miliknya jika seorang selebriti menjadi member atau memberi tanggapan pada salah satu artikelnya, walau pun tanggapan itu hanya sekedar ‘basa-basi’. Kepopuleran kemudian menjadi satu hal yang lebih dipentingkan daripada substansi informasi di blog. Leaving comment, blog walking is the one secret for make some blog pages more popular.


Citra kamuflase yaitu pelbagai citra luar yang digunakan untuk menyembunyikan diri atau penyamaran di dalam lingkungan tertentu melalui tanda seolah – olah merupakan basis representasi identitas blogger. Sebagai contoh, citra baik hati yang direkonstruksi. Bagi penggemar ‘download mp3’, nama Musang atau Anangku tentu bukanlah nama yang asing. Secara rutin mereka meng-upload berbagai mp3 yang dapat di-download gratis oleh member Multiply yang secara tidak langsung akan turut membuka dan membaca blog mereka. Citra ‘baik hati’ ini melekat erat dan membuat blog mereka berdua ramai dikunjungi member yang merasa terbantu. Padahal secara substansial tidak banyak hal edukatif atau signifikan di dalam blog mereka, bahkan tidak jarang artikel tersebut hanya saduran! Menurut saya, hal ini merupakan salah satu resistensi blogger terhadap dinamika blog oleh mereka yang mencoba memperluas jejaring dengan media ‘promosi’ gift, bukan sekedar menjaga kualitas informasi.

by : Winda (21142)

Tidak ada komentar: