Senin, 21 April 2008

Pesta Blogger 2007, saat virtual area menkonstruk dunia nyata

Sabtu, 27 Oktober 2007
Blitz Megaplex, Grand Indonesia lt. 8, Bundaran HI
10:30 – 15:00

Diikuti oleh komunitas-komunitas besar blog mania nasional, acara yang diadakan di akhir penghujung tahun 2007 mendapat sambutan yang tidak hanya berasal dari para “blogger” namun Mentri komunikasi dan informasi, Muhammad Nuh pun ikut hadir mengapresiasi acara ini. Sebuah apresisasi yang buka main untuk sebuah institusi yang informal, terbuka, dan seringkali tidak bersifat mengikat anggotanya ini oleh institusi Negara, sebuah institusi yang mengatur banyak hajat penting orang banyak dengan mengatur distribusi kuasa dalam tatanan masyarakatnya. Dari situ tak mungkin dinafikan bagaimana Negara pun melihat potensi besar organisasi msyarakat ini mempengaruhi masyarakatnya. Arena blog mulai disadari menjadi salah satu wadah public sphere yang berpengaruh dalam menciptakan opini dan tatanan masyarakat.

Sebagai salah satu wadah public sphere perebutan ruang social tak ayal terjadi pula di dalamnya. Strukturasi masyarakatnya pun terjadi, dengan beragam katagorisasi ia terbentuk. Nampak pada salah satu konten acara ini pemilihan sepuluh besar blog laris berdasarkan kategorisasi yang beragam. Baik dari segi media marketing, personal blog, hingga blog humor lawakan sehari-hari menjadi perangkat kategorisasi sepuluh besar blog terbaik tahun 2007 ini. Penilaian riset dilakukan kepada responden virtual yang disosialisasikan khusus dalam sebuah blog baru yang khusus tercipta menjelang hajat besar para blogger ini. Perebutan ruang social anatara para blogger pun terjadi disini, dengan semakin banyak suatu blog menjadi pilihan dan rujuakan, sang blogger berupaya untuk melakukan kuasa wacana terhadap blogger-blogger lainnya.

Para investor bisnis pun tak ingin kehilangan moment acara ini. Dengan sponsorship yang tak tanggung-tanggung acara ini terselenggara. Berasal dari korporasi besar produk handphone terkemuka di dunia, salah satu perusahaan provider handphone terkenal tingkat nasional, pun industry local tak ingin ketinggalan mengapresiasi acara ini. Blogsphere diasadari menjadi salah satu public sphere yang menggiurkan sebagai sarana promosi produk produksi mereka. Dengan oprasional yang lebih murah dan terjangkau melalui sarana online internet yang diharapkan mampu menkonstruksi penaikan tingkat daya beli masyarakat dalam kesadaran offline untuk mengkonsusmsi barang mereka. Menguatakan rasa kebutuhan barang produksi lama dengan cara baru, dengan mengubah cara konsumsi yang lalu sehingga merekonstruksi pola konsumsi yang berbeda yang tak jarang menimbulkan kebutuhan yang berbeda sehingga mampu meningkatkan nilai produksi barang mereka.

Perebutan ruang social tak hanya terjadi diruang nyata, dengan peningkatan kemajuan teknologi, perebutan ruang social menjadi suatu hal yang memungkinkan untuk melewati batas antar wilayah itu sendiri. Berawal dari bentuk ekspresi individu ini sang blogger memulai karirnya, lalu interaksinya kepada blogger lainnya dengan intensitas terus-menerus mulai menimbulkan rasa keterikatan yang cukup melangkolik dan menjadi dambaan bahkan kebutuhan baru. Kebutuhan baru inilah yang malah menjadikan sekat-sekat isolasi antar individu lahir. Keberdayaan pemenuhan kebutuhan ini kemudian mulai dimanipulasi menjadi capital baru yang mampu dijadikan bahan opresi melalui strukturisasi yang tercipta di dunia blogger itu sendiri. Karena ternyata, banyak terbukti interaksi online antar blogger memilki andil besar dalam kehidupan sang blogger di kala ia offline.

by. indri

Tidak ada komentar: